Senin, 09 November 2009

Google Adsense [bukan] Cara Mudah Berburu Dollar

Pernah dengar tentang Google Adsense?
Pernahkah anda melihat kolom pada suatu web terdapat link bertuliskan "Ads by Google"?
Pernahkah anda dengar seseorang memperoleh dollar hanya berbekal membuat blog?
Saya percaya 90% dari anda menjawab "PERNAH".





Sebagai sebuah Search Engine yang cukup terkenal, Google telah lama menawarkan program periklanan bagi orang yang ingin mempromosikan situsnya. Itulah yang menjelaskan bahwa ketika kita mencari suatu kata kunci di Google, akan muncul 2 kolom pada halaman hasil pencarian dengan kolom sebelah kiri lebih dominan dari yang kanan. Kolom sebelah kanan inilah yang merupakan program periklanan berbayar dari Google. Google menawarkan pengunjung yang tertarget dari program ini. Program ini dikenal sebagai Adword yang kemudian menjadi awal munculnya Adsense. Mengapa demikian?
Tampaknya Google adalah sebuah situs yang cukup 'low profile'. Mereka menyadari bahwa tidak semua pengguna internet di dunia menggunakan Google sebagai Search Engine, oleh karena itu Google menawarkan program bagi hasil bagi siapa saja yang tertarik untuk menampilkan iklan Google di web mereka.
Saya sudah melihat sebagian dari anda manggut-manggut, tapi juga ada juga yang masih mengernyitkan dahi.
Begini, para pengguna jasa periklanan membayar kepada Google untuk setiap iklan yang diklik pengunjung, kemudian Google memberikan komisi bagi iklan yang diklik lewat web yang memasang iklan tersebut.


Berapa banyak komisi yang diterima?

Komisi yang diterima dari Adsense bervariasi tergantung seberapa mahal kata kunci tersebut. Google memperhitungkan mahal tidaknya kata tersebut berdasarkan jumlah pengunjung yang mencari kata tersebut, harga product yang ditawarkan dan jumlah persaingan pemasang Adsense.  Komisi kira-kira berkisar antara $0,5 sampai $50.
Bayangkan jika sebuah web/blog dikunjungi 1000 pengunjung dan 10% di antara mereka mengeklik iklan yang hanya bernilai $0,5, pengelola web/blog akan menerima $50 per hari. (tanpa jualan product apa pun).
Tampaknya ada yang mulai tertarik, dan bertanya bagaimana memulainya?
Syarat penting untuk menjadi Adsenser adalah:

  • Mau belajar


  • Bersemangat tinggi


  • Punya EMAIL


  • Punya WEB / BLOG


  • Mendaftar ke Adsense

Lebih detailnya kan segera menyusul pada artikel terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar